Thursday, 23 July 2009

artikel terbaru haryo prabowo Selalu Lakukan Test Dan Ukur

Dear internet marketer.

Hari ini saya ingin membagikan sebuah tips untuk Anda. Tapi sebelum saya
membagikannya, saya ingin bertanya kepada Anda :

Sudahkah Anda melakukan test dan ukur terhadap bisnis Anda?

Jika sudah, bagus. Jika belum, lakukanlah segera.

Jika Anda ingin bisa sukses dalam melakukan bisnis, apa pun, di mana pun,
konsep test dan ukur haruslah menjadi salah satu fokus perhatian Anda. Jika
sekarang Anda sudah mau dan berani mengeluarkan modal untuk berbisnis,
bagus. Tetapi jika Anda tidak melakukan test dan ukur, bisa saya pastikan
biaya berbisnis yang Anda keluarkan menjadi tidak efisien.

Nah supaya, efisien, Anda harus melakukan test dan ukur dalam perjalanan
bisnis Anda. Lakukan sebuah percobaan, catat hasilnya, lalu ukur
(evaluasi), bagaimana hasil yang didapatkan? Jika sudah bagus, teruskan
atau beralih kepada optimasi poin lainnya dari bisnis Anda. Jika belum,
ganti dan terus benahi hingga hasilnya OK.

Lakukan percobaan memasang berbagai judul iklan yang berbeda-beda, hitung
hasil penjualan yang didapatkan dari hasil iklan tersebut berapa. Jika
hasilnya dengan judul "abc", teruskan. Jika hasilnya buruk dengan judul
"abc", ganti menjadi "def", dan seterusnya hingga cocok.

Lakukan percobaan memasang iklan pada berbagai jaringan iklan yang berbeda.
Setiap jaringan memiliki pasar, jangkauan dan karakteristiknya
masing-masing. Jika Anda merasa yang sekarang kurang bagus, coba beralihlah
ke jaringan iklan pesaing, siapa tahu lebih cocok.

Contohnya :

Coba taruh lead form (opt-in form) Anda di awal halaman, hitung berapa
persentase leads yang bisa Anda dapat dalam sehari? 10%?

Sekarang coba taruh form opt-in Anda di bagian tengah halaman, di akhir
halaman, melayang sepanjang halaman. Mana yang paling besar presentasenya?
Temukan dan gunakan hal tersebut sebagai senjata utama.
Coba ganti headline sales letter Anda, lihat apa pengaruhnya pada konversi.
Semakin turun atau semakin tinggi? Apakah dari 1% menjadi 2%? Atau malah
menjadi lebih kecil (Turun) konversinya?

Jika turun, kembalikan ke semula, atau modifikasi lagi. Jika naik,
teruskan. Lakukan dengan 5-10 headline berbeda, dan pilih salah satu yang
hasilnya paling bagus.
Coba ketahui dari mana saja sumber traffik Anda? Dari mana saja Anda
mendapat pengunjung? Perbaiki sumber traffik yang belum bagus, optimalkan
sumber traffik yang sudah ada.
Lakukan test dan ukur apakah URL affiliasi Anda banyak yang meng-klik?
Apakah kampanye newsletter Anda menghasilkan konversi yang besar?
… dan sebagainya


Untuk memudahkan Anda melakukan proses test dan ukur ini, Anda bisa
mempergunakan berbagai alat bantu untuk melakukan test dan ukur yang ada di
internet, ada banyak program gratisan yang bisa Anda manfaatkan. Tools ini
biasa disebut tools statistik / analytics.

Beberapa contoh alat bantu analisa yang bisa Anda pergunakan (dan juga saya
pergunakan) seperti :

Histats.com untuk mengecek data trafik situs Anda


Snipurl.com untuk mengecek jumlah klik pada URL Anda


Feedburner.com untuk mengecek statistik Feed dari situs / blog Anda


Dan masih banyak lagi alat-alat untuk melakukan test dan ukur yang lainnya.

Dengan melakukan test dan ukur, Anda menjaga efisiensi dan efektifitas
bisnis Anda. Dengan demikian Anda bisa menjaga bahkan meningkatkan
keuntungan bisnis Anda.

Contohnya : lakukan test headline menaikkan tingkat konversi.

Ubah, lalu ukur hasilnya. Apakah konversinya naik atau turun?

Jika turun, ganti lagi hingga cocok. Jika naik, selamat!

Bayangkan bagaimana jika Anda bisa menaikkan konversi sales letter Anda
dari 1% menuju 2%? Itu berarti untung Anda berlipat menjadi dua kali!

Lalu bagaimana kalau dari hasil test dan ukur tersebut Anda bisa
menghasilkan sales letter yang memiliki konversi 3% bahkan 4%?

Contohnya : lakukan test perubahan judul halaman dan efeknya pada ranking
situs Anda di Google search?

Ubah, lalu ukur hasilnya. Mmembuat ranking situs Anda naik atau turun?

Jika turun, ganti lagi hingga cocok. Jika naik, selamat!

Bayangkan, berapa ratus atau berapa ribu lagi traffik pengunjung gratis
yang bisa Anda dapatkan dari Google search hanya dengan mengganti (dan
mengukur) perubahan sederhana yang Anda lakukan.

Bayangkan semua kemungkinan yang terjadi, lalu pikirkan : mungkinkah semua
hal tersebut bisa Anda dapatkan tanpa mau melakukan proses test dan ukur?

Lalu pikirkan juga : andai Anda tidak melakukan proses test dan ukur
tersebut, sudah berapa banyak potensi keuntungan yang Anda lewatkan?

Jawabannya pasti : banyak sekali potensi untung yang terlewat.

Karenanya, jika Anda sekarang belum melakukan test dan ukur, lakukan
sekarang juga. Jika tidak, berarti Anda melewatkan berbagai keuntungan yang
bisa diraih.

Demikian tips hari ini dari saya.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

1 comment:

sulthan yusuf said...

artikelnya bagus dan menarik.
Oh ya ,kapan-2 mampir ke tempat saya