Sunday 24 October 2010

Tugas Praktikum Sistem Komputer tentang CPUID-CPU-Z

Posting ini dibuat untuk memenuhi tugas praktikum siskom tentang software CPUID-CPU-z

ini screenshot hasil dari CPUID di laptop saya

itu hasilnya, software ini sangat membantu saya dalam nge tweak laptop, karena laptop saya digunakan untuk manggung/live show menggunakan banyak VSTi & software DAW untuk memainkan Synth & Sequencer, karena untuk live show membutuhkan process yg real time/tepat waktu jadi saya tweak laptop ni abis2an, terutama di soundcard, saya pakai driver asio4all, tapi karena soundcard onboard laptop di tweak jadi minta resources dari prosesor, untuk mencegah latency/delay/ suara telat semua background program (antivirus, visual dll) di non aktifkan, di startup juga, lalu banyak settingan yg udah dirubah yg membuat prosesor lebih lega & ringan, jadi bisa mengurangi latency saat maen VSTi karena soundcard lebih di utamakan,

oke, program ini membantu ngukur, saat saya pakai banyak VSTi & Software DAW apakah kondisi procesor tetap stabil, seperti saat biasa, ternyata berhasil juga, latency bisa nyampe 4ms pake soundcard onboard!! kayaknya bisa lebih sabar nabung buat beli soundcard eksternal yg low-latency, paling murah 1,3 juta, kapan beresnya nih nabung???

nah sekarang penjelasan tentang apa aja sih yg keterangan yg ada di software CPU-z ini

Processor                : Intel Mobile Core 2 Duo T5870

Code name              : Merom adalah core processor Intel  Core 2 yang pertama kali diluncurkan secara  bersamaan dengan Conroe,   Conroe XE , dan Allendale. Merom mempunyai spesifikasi dan fitur yang sama dengan Conroe, namun Merom memiliki kelebihan, yaitu ia hanya membutuhkan daya yang sedikit. Merom adalah core processor Intel pertama yang telah menintregrasikan teknologi EM64T 64-bit di dalamnya.

Package                  : Socket P (478) adalah socket yang biasa dipakai Intel dalam penamaan processor mereka, kaki-kaki pin ada di processor dan biasanya di pojok processor ada tanda agar tidak terbalik dalam memasang processor.

Instruction             :

-    MMX : adalah instruksi yang digunakan Intel untuk menigkatkan performa multimedia  dan aplikasi komunikasi. Dengan  instruksi ini sebuah processor dapat dioptimalkan untuk menangani multimedia dan program komunikasi. MMX menambahkan 57 instruksi baru dalam himpunan instruksi dasar dari processor.

-    SSE : adalah instruksi yang digunakan Intel untuk meningkatkan performa Graphic.

Core Speed           : 789.0 Mhz berarti dalam satu core memiliki kecepatan secepat 789 Mhz. Karena ada dua core  maka dapat dikali dua kali proses.

Multiplier               : X4.0 adalah rasio dari core dalam melakukan proses. Semakin besar rasio nya semakin cepat, tetapi cepat pula menghabiskan daya yang dimiliki. Berarti melihat 4X siklus internal (yang dihasilkan oleh sirkuit frekuensi).

Bus Speed             :  199.5 Mhz berarti kecepatan transfer data yang dimiliki 199.5 MHz.

Rated FSB              : 798.0 MHz maksudnya pembawa data antara CPU dengan Northbridge. Hal ini ditentukan oleh lebar jalur data, dan frekuensi clock.



Cache                      : Jalur data antara RAM dan Processor.

L1 Data                    : 2X 32 Kbytes  8-way, maksudnya pada L1 datanya 2X 32 Kbytes dan  8-way untuk transfer data.

L1 Inst.                    : 2X 32 Kbytes  8-way, maksudnya pada L1 Instruksi 2X 32 Kbytes dan  8-way untuk instruksi data.

Core                         : 2, karena prosesor saya core2duo (memiliki 2 inti) jadi keterangan Core ada 2

2 comments:

Anonymous said...

Apa yang posting bagus. Saya sangat suka membaca jenis atau artikel. Aku bisa? T menunggu untuk melihat apa yang orang lain katakan.

Anonymous said...

visit my blog friend http://duniainformatikaindonesia.blogspot.com/