Saturday 12 December 2009

tips setting effect digital atau multiple effect

effect digital meskipun menurut saya kemampuannya masih di bawah effect stomborg (effect biasa) tapi ini lumayan juga bagi gitaris yang ingin praktis, karena multiple effect ini di dalamnya sudah tersedia minimal lebih dari 30 effect standar seperti chorus, flanger, wah, overdrive, dll, tapi karena terlalu banyak isi dari effect tersebut terkadang membuat gitaris bingung harus memilih yang mana? karena biasanya terdapat banyak type dari sebuah effect, contohnya suara overdrive/distorsi terdapat banyak ragam suara seperti itu di bagian distorsi, dan kendala lainnya jika multiple effect yang kita miliki bentuknya kecil seperti yang saya pakai adalah zoom g1x sangat kecil, dan biasanya patch effectnya tidak bisa di rubah parameter-parameternya, lumayan sulit sih buat seorang pemula.

nah di post ini saya mau berbagi tips untuk gitaris pemula yang kesulitan mensetting effect digital/multiple effect

1. Warna dari tiap sound effect berbeda, tergantung selera cocoknya yang mana! tapi jika belum benar-benar mempunya wana khas sendiri, kita bisa "meniru" sound efeect gitaris favorit kita, agak sulit memang, caranya kita play lagu yang ada sound efeect yang kita suka, lalu berbarengan kita mainkan gitar+effect kita di satu speaker, rumit ya?? memang hehe, saya sendiri masih sulit untuk meniru-niru nya

2. Cara kedua ini lebih mudah! kita gag perlu terlalu ribet kayak cara nomer 1! caranya kita search patch effect gitaris favorit kita di google, patch effect itu adalah setelan effect, nah saya ada rekomendasi ni kunjungi aja di http://guitarpatches.haax.se/ disana ada macam-macam patch effect, tinggal cari merk dan type effect yang kita punya, lalu muncul patch-patchnya, tinggal kita cari mau suara kayak gimana dan artistnya siapa! truz kita lihat settinggan parameter-parameternya, di website ini ada settinggan parameter yang manual, artinya kita harus setting sendiri, biasanya untuk effect yang kecil seperti zoom g1x milik saya, tapi ada juga yang parameternya kita download lalu kita transfer ke effect kita, itu biasanya buat effect yang besar dan canggih kayak korg ax3000

3. tambahan, biasanya sound yang dihasilkan dari effect digital/multiple effect kurang gitu powernya, gak seperti effect stombox, nah ini bisa kita siasati dengan menambahkan "preamp" sebelum masuk effect, fungsi preamp untuk memperbesar sinyal suara, urutan menggunakan preamp jika memakai effect digital/multiple effect adalah :

GITAR --> PREAMP --> EFFECT DIGITAL/MULTIPLE EFFECT --> AMPLI GITAR (jika yang ingin ditambah power adalah sinyal suara gitar)
atau bisa juga
GITAR --> EFFECT DIGITAL/MULTIPLE EFFECT --> PREAMP --> AMPLI GITAR (jika yang ingin ditambah power adalah sinyal suara keluaran effect)

yah segitu deh bagi-bagi tipsnya!
kalau ada kekurangan atau gitaris lain yang mau sharing tulis aja komentnya!
http://ozoydrummer.blogspot.com

3 comments:

Uky Joystick said...

Mantaff, mas bro...

Teguh Yulianto said...

Thanks bro, sangat membantu

Unknown said...

CUSTOM GIGBAG GITAR, BASS, KEYBOARD, PEDALBOARD, D.L.L.
http://aga-gigbag.blogspot.com/